Angie dan Jumat Keramat



Angelina Sondakh akhirnya bebas dari penjara hari ini. Ingatan saya lalu terlempar 9 tahun lalu, tepatnya Jumat 27 April 2012, ketika menyaksikan Puteri Indonesia 2001 itu digelandang ke tahanan KPK.

Ia berkebaya putih dengan hiasan bunga di atas dadanya. Kendati tersenyum, Angie tak bisa menyembunyikan wajahnya yang sembab. Seperti habis menumpahkan air mata. Itulah akhir kisah Angelina sebagai politikus akibat terjerat korupsi. 

Berita tentang penahanan Angie terus menghiasi media massa di Tanah Air. Saban hari saya menulis tentang perkembangan kasusnya. Hingga pada 4 Mei 2012 giliran saya mengisi Teras Kuningan di Koran Tempo. Rubrik ini tiap pekan mengulas peristiwa-peristiwa di KPK dan PN Tipikor yang berlokasi di Kuningan.

Saya usulkan sebuah angle liputan yang unik tentang hari spesial sekaligus nahas bagi koruptor yakni hari jumat. Ada apa dengan hari jumat? hari itu banyak koruptor yang dikerangkeng KPK dibanding hari lainnya. 

https://nasional.tempo.co/read/401681/ada-jumat-keramat-di-kpk
https://nasional.tempo.co/read/401681/ada-jumat-keramat-di-kpk


Semula saya tidak tahu hari unik ini di KPK, saya baru ngeh setelah membongkar catatan-catatan di hp yang berisi nama-nama koruptor yang diseret ke jeruji besi pada hari Jumat. 

Beberapa kali saya menanyakan hal itu kepada orang-orang KPK, tapi tak pernah mendapat jawaban yang pas. Hingga salah satu staf bagian tahanan mengakui hal tersebut. "Ajaib memang hari jumat di KPK," katanya sambil tertawa tak memberi alasan. 

Kata "ajaib" itulah yang berusaha saya cari padanan katanya untuk menggambarkan kebingunan saya terhadap hari jumat yang spesial ini. Lalu saya menemukan istilah keramat. Jadilah tulisan itu berjudul "Ada Jumat Keramat di KPK" yang terbit di koran dan online Tempo. 

Istilah jumat keramat kemudian banyak digunakan oleh media massa untuk menggambarkan penahanan koruptor di hari jumat. Tapi entah istilah itu masih ada di tengah kondisi KPK yang kini  banyak sorotan dan tak segarang dulu. 

Atau mungkin sudah tamat seperti salah satu artikel yang menyebut jumat keramat tak lagi keramat?

TS
3 Maret 2022
📷Parboaboa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Veteran Tua Lelah Usia

Matamu......